Bagi kamu yang pergi ke mana saja mengandalkan sepeda motor, pasti akan menganggap kendaraan tersebut sebagai kawan seperjalanan. Ada nggak, yang suka mengajak ngobrol motornya? Kalau iya, fix kalian bestie!

Selayaknya memperlakukan seorang kawan yang memiliki hati serta perasaan, motor pun butuh diperlakukan spesial, apalagi kalau sering digunakan berkendara. Cukup melakukan servis secara rutin sudah membuatnya bahagia. Memangnya, motor bisa bahagia? Bisa! Terwujud dalam performanya yang nyaman saat dikendarai, meski mungkin usianya tak lagi muda.


Hal-Hal yang Sebaiknya Diperiksa Kala Servis Motor Rutin

Servis motor hukumnya wajib dilakukan bagi penggunanya. Dengan begitu, jadi mengetahui kondisi motor secara keseluruhan. Ketika motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu, cuss bawa ke bengkel untuk diservis. Ada beberapa bagian yang sebaiknya dicek kala servis.


1. Oli Mesin

Fungsi oli mesin yaitu sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Mengingat kegunaannya yang penting tersebut, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh tertentu yang sudah dicapai.

Rata-rata, pabrikan merekomendasikan penggantian di 2.500 kilometer. Dana yang dikeluarkan meliputi biaya pembelian oli yang harganya tergantung merek serta biaya jasa penggantiannya. Oli motor matic ataupun motor bebek, sama-sama perlu rutin diganti.

Berbagai pilihan merek oli dan sparepart (dok. pribadi)

Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian hingga 5.000 kilometer, yang berarti lebih lama dari biasanya. Hal ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Wajar jika kemudian retailer tersebut mengklaim masa kegunaan oli bisa dua kali lebih lama dibandingkan oli biasa. Oli yang digunakan memang base oil tertinggi di kelas oli.


2. Oli Gardan

Kalau kamu pengguna motor matic, maka harus rutin mengganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada dalam Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantiannya menggunakan rumus dua kali ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan penggantian oli gardan.


3. Busi

Seringkali kita menjumpai motor yang susah distarter dan enggan menyala. Saat dicek, ternyata businya sudah jelek. Busi ini wujudnya memang kecil, tetapi merupakan bagian dari motor yang fungsinya sangat penting, sebagai pengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, sehingga mesin dapat menyala.

Untuk meminimalisir motor susah dinyalakan karena busi yang sudah tak berfungsi dengan baik, maka setiap servis sebaiknya cek busi juga. 


4. Kampas Rem

Keamanan serta keselamatan kala berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan adalah sistem pengereman.

Jika kampas rem sudah tipis, rem jadi kurang pakem dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Sangat penting untuk mengetahui kondisi kampas rem motor kamu, makanya harus selalu dicek ketika servis motor.


5. Filter Udara

Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tak sampai ada kotoran masuk yang kemudian bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3 hingga 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 sampai dengan 14,2 Volt.

Kalau tegangannya tak sesuai ketentuan tersebut, kemungkinan ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. Mau-tak-mau, mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti, agar motor tetap bisa dikendarai dengan nyaman.


7. Ban

Salah satu hal penting dalam servis motor adalah pengecekan ban. Bahkan, seharusnya kondisi ban harus selalu diperiksa terlebih dahulu tiap kali akan menggunakan motor.

Pengecekan ban (dok. pribadi)

Pada saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan--termasuk gundul atau tidaknya, dan sebagainya.


8. Tune-Up

Tune-up motor merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator atau saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, serta klakson.

Servis tune-up terkadang harus sekalian mengganti oli mesin, mengganti oli gardan, atau penggantian komponen motor. Tenang, sebelum ada penggantian-penggantian itu, mekanik akan menginformasikannya dulu. Jika kamu setuju dan bersedia, baru kemudian mekanik melakukan perbaikan.


Jangan Sampai Keliru, Ini Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, solusinya adalah menemukan bengkel yang mumpuni juga. Dari sekian banyak bengkel servis motor yang bertebaran, Planet Ban bisa menjadi pilihan yang diandalkan. Bahkan, di bengkel ini kamu bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru.

Planet Ban, bengkel motor langganan (dok. pribadi)

Maksudnya gimana, tuh? Jadi begini, servis motor rasa baru dikenal pula dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meningkatkan performa serta ketahanan motor dengan cara yang cepat, tetapi biayanya justru lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru meliputi bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.


Alasan Mengapa Harus Servis Motor di Planet Ban daripada di Bengkel Lain

Ketika servis motor di bengkel lain, tak jarang masih mendapati banyak kotoran, debu, atau sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Sering pula ditemukan kotoran dan debu dalam blok CVT yang menyebabkan tarikan motor terasa berat.

Berbeda dengan saat melakukan servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, serta kotoran. Mesin terlihat seperti baru. Imbasnya, tarikan jadi lebih ringan, emisi turun hingga lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan tentunya mesin kembali bersih seluruhnya.

Servis motor selengkap itu di Planet Ban, harganya terjangkau banget, lho. Untuk servis motor injeksi hanya Rp20.000, servis CVT sekaligus rantainya cukup membayar Rp19.500, sedangkan servis throttle body pun Rp20.000 saja.

Servis motor di Planet Ban (dok. pribadi)

Di Planet Ban juga menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa motor serta melindungi mesin. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, pemakaian menjadi lebih nyaman, awet, mesin dingin, dan tarikannya ringan.

Keuntungan lainnya, ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5.000 kilometer saja atau sekitar 4-6 bulan sekali. Tetap irit pokoknya. Lantas, yang tak kalah pentingnya, kamu bisa turut memelihara serta menjaga lingkungan hidup karena berkurangnya emisi dan polusi dari motor.


Penutup

Sudah mengerti, kan, manfaat apa saja yang didapatkan bila kamu rutin melakukan pengecekan kondisi motor dan bagian mana yang perlu diservis.

Ingat-ingat lagi, yuk, kapan terakhir kali kamu servis motor? Kalau aku, kebetulan beberapa hari lalu, sekaligus mengganti ban yang sudah gundul. Pastinya di Planet Ban, karena memang langganan servis di sana. Selain mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru, lokasinya pun banyak, bisa memilih yang terdekat dari rumah.


***


20 comments:

  1. Weih akhire pergi dolan ke Planet Ban jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas aku merekomendasikan ke bapakku, ternyata dia memang sudah langganan di sana 😆

      Delete
  2. Informatif. Patut dicoba ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak, pasti ada salah satu bengkel Planet Ban yang deket rumah 😀

      Delete
  3. Lhooo itu bengkel Planet Ban deket rumahku tho mbak, kayak familiar sering lewat soalnya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha betuul, mbak... jebul bapakku langganan di sana.

      Delete
  4. Kayaknya aku pernah beberapa kali ikut suami servis motor di planet ban ini, familiar sama namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, kak, soalnya Planet Ban ini lokasinya memang di mana-mana 🤭

      Delete
  5. Lha ini terutama buat ciwi2, motor klo sering dipake ya harus rutin diservis. Jgn pada males, apalagi ada planet ban yang tarif servisnya terjangkau sekali 👍🏼

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa' gitu, sih? Semoga setelah ketemu Planet Ban, yang tadinya males servis jadi rajin ya...

      Delete
  6. Selama ada planet ban mah gampang. Selain murah, lokasinya ada dimana2 jd mudah dijangkau. Gak ada alasan lagi buat gak service dan ngerawat motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, dua hal itu yang sangat penting... murah dan lokasi di mana-mana.

      Delete
  7. Planet ban ini ternyata ada juga di dekat tempat tinggalku. Pantas tidak asing sama namanya 😀

    ReplyDelete
  8. Planet ban kirain cuma jual ban sama penggantiannya 😅

    ReplyDelete
  9. Dulu aku pikir planet ban itu cuma jualan ban aja. Makin ke sini jadi tahu kalau Planet Ban itu salah satu bengkel yang kualitasnya nggak kaleng-kaleng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, banyak yang awalnya mengira kalo Planet Ban cuma jualan ban 😆

      Delete
  10. Pernah nyoba servis di planet ban, emang simpel dan cepet banget, sih. Cocok buat yang sibuk dan gak punya banyak waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kan.. makanya banyak yang kemudian jadi langganan, karena servis di sana gak rempong.

      Delete

Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.