Love actually by keane
(dok. IG @keaneofficial)

Tepat 1 Desember 2023 kemarin, band asal Inggris, Keane, mengunggah informasi di Instagram-nya bahwa single terbaru mereka telah keluar. Pertama mendengar cuplikan lagunya, aku langsung merasa suka. Iramanya sangat lembut, menyenangkan untuk didengar berkali-kali. Auto masuk ke playlist.

Kala membaca judul lagu tersebut, pikiranku langsung teringat pada sebuah judul film lawas. Rasa penasaranku pun berlanjut, lantas kubuka kolom komentar. Benar saja, ada salah satu komentar yang menyatakan kalau lagu ini sebenarnya ditulis untuk mengisi original soundtrack film Love Actually.

Aku pun mencari tahu lebih jauh, dan mendapatkan sebuah fakta menarik. Single terbaru band beranggotakan empat  orang tersebut, ditulis tahun 2002 lalu. Iya, niatnya memang untuk mengisi OST film Love Actually yang keluar pada Desember 2003 dalam rangka memeriahkan Natal. Namun, lagu karya Tom Chaplin dan kawan-kawan itu gagal dirilis, karena tak jadi dimasukkan ke dalam film.

Keane band from british
Jesse, Richard, Tim, Tom (dok. IG @keaneofficial)

Saat itu, Adam, sang manajer yang juga merupakan sahabat mereka, ikut dalam proyek film komedi-romantis yang dibintangi oleh Hugh Grant dan Emma Thompson tersebut. Ia lantas menyarankan pada Keane untuk menulis lagu dan mempromosikan pada sutradara, Richard Curtis. Iseng-iseng berhadiah. Siapa tahu, bisa dijadikan salah satu OST.

Tentu saja, hal itu tidak terjadi. The power of "orang dalam" tidak berlaku di sini. Padahal, sang sutradara menyukai lagunya, dan ia juga sempat menyesal karena tak memasukkan ke dalam film. 20 tahun lalu, Keane bahkan belum melakukan debut album. Mungkin hal itu menjadi pertimbangan juga, mengapa lagunya tidak dipilih, meski sangat indah.

Baca juga: Tolong! Pria Ini Membuatku Susah Move On!

Karena berjudul Love Actually yang notabene sama dengan judul filmnya, Keane merasa tak bisa melakukan apa-apa dengan lagu ini setelahnya. Wajar saja kalau mereka takut dikira mendopleng kesuksesan filmnya, andai kemudian lagu tersebut dirilis dalam album sendiri. Mereka pun enggan mengganti judul dan memilih untuk menyimpannya.

"The film Love Actually is 20 years old now, which at last gives us a perfect reason to record our song properly." ~ Keane

Puluhan tahun hanya tersimpan, kini bersamaan dengan momen 20 tahun dirilisnya film Love Actually, juga menjelang 20 tahun album Hopes and Fears (2004) yang menjadi penanda debut di industri musik, Keane pun merekam lagu Love Actually versi aslinya untuk pertama kali.

Selamat dan terima kasih, Keane, akhirnya merilis Love Actually, sehingga seluruh dunia bisa menikmati lagu indah ini. Semoga melegenda, seperti beberapa lagu dalam album perdanamu, salah satunya Somewhere Only We Know.


***