June 25, 2011


pak habibie bersama alm. ibu ainun
Tanggal ini, 25 Juni, 75 tahun lalu. Sesosok putra bangsa lahir di belahan Indonesia bagian tengah. Ialah Bacharuddin Jusuf Habibie, sesosok makhluk cerdas yang mengharumkan nama Indonesia karena penemuan-penemuannya dalam bidang penerbangan yang bermanfaat bagi dunia internasional.

Aku sendiri mengagumi sosok Pak Habibie sejak duduk di bangku SD, saat gelar Pak Habibie masih Prof. Dr. Ing. Aku tak tahu apa yang membuatku mengaguminya, sepertinya senyumannya yang meneduhkan dan kecerdasannya yang sangat menakjubkan. Saking kagumnya dengan beliau, aku pernah iseng berkirim surat ke kantor Menristek yang ditujukan untuk beliau. Isinya tentu saja sangat khas anak SD, menanyakan kabar, menyatakan kekaguman, dan juga mendoakan semoga suatu saat beliau menjadi Presiden RI.


Suatu hari, bulik memberiku sebuah buku agenda. Aku bingung, apa tujuannya bulik memberikan buku itu, sementara aku masih SD. Alhasil buku itu hanya kugunakan mencatat hal-hal yang berhubungan dengan sekolah dan kuanggap penting. Nah, buku agenda itu isinya lengkap banget, tak cuma lembar-lembaran dengan tera tanggal tapi juga berisi macam-macam hal tentang Indonesia, seperti ibukota provinsi, kode area telepon, peta, bahkan alamat kantor seluruh menteri. Dari situlah aku iseng menulis surat untuk Pak Habibie.

Surat itu tak berbalas, sejak awal aku memang tak pernah berharap mendapat balasan. Hingga 3 tahun kemudian, saat aku duduk di bangku SMP, Indonesia mengalami krisis ekonomi yang berimbas ke pemerintahan. Akhirnya pemerintah yang sedang berkuasa dipaksa meletakkan jabatannya. Pak Habibie yang saat itu menjabat Wakil Presiden pun naik ke tahta tertinggi. Ya, beliau menjabat Presiden menggantikan Pak Harto yang mundur dari jabatannya. Meskipun hanya sebagai Presiden sementara, aku merasa sangat senang. Teringat surat yang pernah aku kirim, doaku dikabulkan Tuhan. Masa jabatan Pak Habibie tergolong singkat, hanya 1 tahun 5 bulan, selain itu beliau tak memiliki seorang wakil.

Berdasar ocehan-ocehan @GNFI yang kusimak tadi pagi, ternyata Pak Habibie sosok yang sangat hebat dalam dunia penerbangan. Berikut ini twit-twit tentang prestasi beliau:

# B.J Habibie, adalah pemegang 46 paten dunia di bidang teknologi penerbangan. Maaf, belum tersaingi.
# Habibie adalah penemu Crack Progression, yakni solusi untuk rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat karena fatigue.
# Habibie adalah penemu Habibie Factor, penjelasan sederhananya adalah penurunan bobot pesawat hingga 25% dari bobot sebelumnya.
# Gelar Doctor Ingenieur Habibie didapat di Jerman pada 1965 dengan nilai sempurna (10), suma cum laude!
# Oleh Hamburger Flugzeugbau, Habibie dipercaya pecahkan problem akut kestabilan pesawat Fokker 28. Hanya 6 bulan, terpecahkan.
#Dornier DO-31, rancangan Habibie ke-1, pesawat baling-baling pertama yang dapat take-off/landing vertikal. http://twitpic.com/5gelwf
# Rancangan pesawat Habibie pada DO31 kemudian dibeli oleh NASA. Ada sentuhan Habibie di NASA.
# Pada 1974, Habibie menjabat sebagai Vice President MBB, industri pesawat terbesar Jerman, orang non Jerman pertama yang menduduki posisi itu.
# Pesawat kreasi anak-anak bangsa yang dipimpin Habibie. N250, pesawat penumpang baling-baling tercanggih di jamannya. http://twitpic.com/5gf5xk
# N250 adalah pesawat (baling-baling) penumpang pertama dengan teknologi 3 axis dan kontrol digital fly-by-wire.
# Apabila tak ada krisis moneter, pesawat N250 produksi RI akan mendominasi dunia penerbangan kategori turboprop, bukan ATR (Prancis).
# Pada 1992, Habibie dianugerahi Award von Karman, setingkat Nobel di dunia penerbangan.
# Rancangan pesawat Habibie selain N250 dan DO31 adalah Fokker F28, C-130, HansaJet 320, Airbus A300, CN235, BO105.
# Habibie pernah rencana buat satelit luar angkasa. RI luncurkan satelit pada 17 Agustus 1976, negara ke-3 yang punya satelit, setelah AS & Kanada.
# Peluncuran Satelit Palapa pada 1976, jg membanggakan bagi banyak negara Asia. Peluncuran itu bahkan disampaikan di sekolah-sekolah di Asia Tenggara.
# IMF-lah yg membuat rencana-rencana visioner Habibie dan PTDI menjadi berhenti, dan lemah. Posisi PTDI jauh di bawah Embraer (Brazil).
# Pertanyaan yang mengusik adalah, apakah Pak Habibie sudah mendapatkan penghormatan dan penghargaan sepantasnya dari kita?
# Lisan Sulaiman, "BJ Habibie, pahlawan yang terabaikan."
# Sekian tweets tentang Pak Habibie. Sekali lagi, selamat ulang tahun, Pak Habibie. Prestasimu membanggakanku.

Benar kan, Pak Habibie merupakan sosok yang sangat membanggakan? Ya, meskipun ketika beliau menjabat Presiden, ada keputusannya yang menjadi kontroversi, yaitu lepasnya Timor Leste dari NKRI. Tapi apapun itu, aku tetap mengagumi Pak Habibie. Happy Birthday to our dear Bapak B.J. Habibie. May Allah always bless you with good health...

*tulisan ini dibuat dalam rangka HUT ke-75 Bapak BJ. Habibie...

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates