Sudah sekitar dua bulan ini, salah satu TV swasta kita―ANTV―menayangkan serial drama Mahabharata versi terbaru yang diproduksi oleh sebuah production house kenamaan asal India, Swastik Productions Pvt. Ltd, dan ditayangkan di channel Star Plus.

Dulu, saat pertama kali tahu akan ditayangkan, langsung jingkrak-jingkrak. *lebay* Karena, aku memang penggemar epos Mahabharata yang berasal dari mitologi India itu sejak zaman duduk di sekolah dasar. Alasan yang tak kalah penting adalah para pemainnya yang ganteng, apalagi Aham Sharma yang kebetulan dapat jatah memerankan Radheya.

Mahabharata produksi tahun 2013 ini tentu saja ceritanya tak jauh berbeda dengan Mahabharata yang sering kutonton pada pertengahan tahun 90an lalu. Menjadi berbeda karena teknologi yang digunakan semakin canggih, sehingga efek yang dihasilkan menjadi keren. Begitu juga dengan wardrobe yang dikenakan.

Sekedar flashback, aku pernah menuliskan sebuah adegan dalam Mahabharata 90an di sini. Ketika itu, tanpa sengaja menemukannya di YouTube, rasanya seperti menemukan harta karun. *lagi-lagi lebay* Dan, saking cintanya pada salah satu karakter dalam kisahnya, aku sampai bela-belain menuliskan banyak hal tentang karakter tersebut dengan memberi label khusus: Radheya!

Gara-gara tulisanku tentang Radheya atau yang lebih dikenal dengan Karna, banyak orang 'nyasar' di sini, dan blog yang biasanya adem-ayem ini mendadak naik drastis traffic-nya. Maklum, aku jarang nulis, dan nggak pernah share link juga.

Sejak Mahabharata kembali ditayangkan, pastinya banyak penonton atau penikmat atau pencinta baru, yang sebelumnya tak mengenal epos Mahabharata menjadi tertarik dikarenakan kisahnya yang memang keren sangat! Jadilah mereka penasaran. Kalau sudah penasaran, selain bertanya pada orang yang lebih paham, biasanya juga mencari tahu lewat Google, lantas dibuat nyasar di sini, deh.

Pokoknya, ini semua gara-gara Radheya. Hih! :))

Sudahlah, daripada ngomong semakin tak jelas, mending aku pamer foto karakter-karakternya yang ganteng itu. Simak yaa... Awas, jangan sampai pingsan!

radheya alias karna diperankan aham sharma (sumber gambar)

arjuna diperankan shaheer sheik (sumber gambar)

bhisma diperankan arav chowdharry (sumber gambar) 

krishna diperankan saurabh raj jain (sumber gambar) 

duryudhana diperankan arpit ranka (sumber gambar)    

pandu, dretarastra, dan widura (sumber gambar)    

best friend forever! (sumber gambar) 

Ada juga foto mereka versi young dan teenage-nya. Mereka tak kalah ganteng juga dengan versi dewasanya.

radheya remaja diperankan vidyut xavier (sumber gambar)    

pandawa muda: yudhistira, sadewa, nakula, arjuna, dan bima (sumber gambar)    

di balik layar: radheya remaja dan sadewa muda (sumber gambar)    

Sekarang, gantian yang cantik-cantik...

kunti diperankan shafaq naaz (sumber gambar)    

amba diperankan ratan rajput (sumber gambar)    

gandari diperankan riya deepsi (sumber gambar)    

drupadi diperankan pooja sharma (sumber gambar)    

vrushali diperankan nazea hasan sayed (sumber gambar)    

Gimana, nggak pingsan kan? Itu baru beberapa saja, lho. Masih banyak yang ganteng dan cantik, seperti Vin Rana pemeran Nakula, Vibha Anand pemeran Subadra, Sayantani Ghosh pemeran Satyawati, Garima Jain pemeran Dursala, dll. Bahkan, pemeran si jahat Shakuni pun ganteng. Silakan googling sendiri.

Oiya, kalau yang ini foto favoritku...

di balik layar: duh! cerianya kalian... (sumber gambar)    

Nyasar di sini dan belum tahu apa itu serial Mahabharata? Tonton saja ANTV setiap malam jam 20.30 WIB―terkadang molor juga. Durasi per episodenya hanya sekitar 23 menit, tapi tanpa iklan. Tetap saja, bikin gemes! Pada hari Minggu, tayangannya maraton dari jam 18.30 s.d 21.30 WIB, memutar kembali episode Senin hingga Sabtu sebelumnya.

Saat ini, serial tersebut juga masih kejar tayang di negara asalnya, India sono. Jadi, kalau penasaran dengan kelanjutan yang disiarkan di Indonesia, cari saja channel Star Plus di youtube, kemudian tonton sepuasnya. Namun, siap-siap menyimpulkan sendiri dialognya. Bahasa yang digunakan adalah Hindi dan tanpa terjemahan. Hihihi.

Biar sekalian nyasarnya, ada bonus foto, nih. Jangan gumoh, lho! :))
radheya dan vrushali, eh meisha ding! :P (edit by: roro asyu)    

Selamat terkena virus Mahabharata!

***

25 comments:

  1. gara gara aku 5 bersaudara aku juga jadi penikmat cerita wayang terutama mahabrata....aku sendiri anak ke 3, tpi aku lbih suka pada tokoh karna atw radheyae alasan nya knpa karena karna tokoh yang kompleks...

    ReplyDelete
  2. Halo... makasih sudah mampir. Iya, saya juga begitu mengagumi karkater Karna sengan segala kelebihan dan kekurangannya. :)

    ReplyDelete
  3. senenggg liat film mahabrata,, sampai-sampaii gemess liat ceritanyaaa,, saking gemessnyaaa jadii beli dvd mahabrata deeh sampai episode 200an.. :D,,,.. Pokokeee viruss mahabrataa sedang merajalela... Waspadallahh.. hehehe..
    # akuu paling sedih pas adegannn Ibu kunti bilang kalo karna putranyaaa,,... sedihhh .. dapett bangettt lahhh feellll mereka berdua.. good job ... :)

    ReplyDelete
  4. Iya, bener... chemistry Karna dan Ibu Kunti tuh dapet banget, ditambah lagi kalo diputerin backsound-nya yang itu... *gak tau judulnya* nice banget lah. :')

    Btw, itu beli DVD-nya sampai episode 200an itu ada subtitle-nya gak? Selama ini saya cuma nonton di youtube dan gak tau bahasanya. Hahaha...

    ReplyDelete
  5. iyaah..iyyahh backsoundnyaa ituuu makinn bikinn T.O.P binggittts filmnyaa... :)
    Alhamdulillahh ada subtittlenya, meskipun sedkt harus mikir dua kali karena bukan bhs indonesia baku, tapi agak ke-melayu"an, tapi selebihnyaa enak utk ditonton, kualitas gmbrnya jugaaa baguss,, recomendeddd .. heheh :D...
    #karnaa hidupnya dilemaaa bangeett ,, jd kasiaaannn :( tapi salut sama sikap kestrianyaa, sama sikap dermawannya,, sampeee baju besinyaaa di kasihinn buat amalll... aduuh itu episod sediihh banggiits.. :'(...

    ReplyDelete
  6. haiii.. salam kenal,

    aku salah satu yang terkena virus mahabrata, krn cewk2 satu kantor heboh :D
    pas nton di ANTV lsg jatuh cinta sama karna, meskipun banyak yang ga setuju, krn arjuna lbh cute hihihihi..
    pokoke for me karna is the best.

    please update trus cerita tentang karna ya.

    salam

    ReplyDelete
  7. Duh, pada pake identitas Anonymous semua nih, jadi bingung manggilnya. Hehehe...

    @Anonymous 1: iyaa, saya udah liat episode waktu Radheya melepas kavacha dan kundala-nya buat Dewa Indra. Kasiang banget sampe berdarah-darah gitu, mana trus cuma ditinggalin sama Arjuna. Tega! Hihihi... tapi menurutku, versi terbaru ini dibuat drama banget deh, ala-ala sinetron gitu, makanya episodenya puanjang. :D

    @Anonymous 2: hai, salam kenal juga... asik, nemu penggemar Radheya lagi nih. :D btw, saya di kantor malah cuma punya satu teman yg sama-sama menggilai Mahabharata, yg lain sepertinya justru lebih meng-underestimate tayangan tsb. Mungkin karena dari India dan ceritanya bersetting lawas.

    ReplyDelete
  8. hehehe.. iyaaa.. Salam kenal dari Anonymous 1 hehehe... akuuu terkadanggg kasiaan binggits samaaa karna ,, dia salah berteman atau karena dia yg terlalu baik.. hiks..hiks.. :'( .. sedihhh ahhh kalo denger cerita Karna.. :( tapiii selebihnyaaaa.. saya sukaa :D..
    iyya ceritanya dibuatt agakkk drama" gituuu jd episodnyaaaa lumayan luaaamaaa .... heheh.. :)

    ReplyDelete
  9. Iaa. , kalo kata ayah kusih cerita aslinya memang panjang . Ak ngefans ma young pandavas , karna,pandavas kunti , dursala kecil,karna remaja ,vrushali , draupadi , dll

    ReplyDelete
  10. Q jg suka bngeeeet ma karna tp dia sering galau ya gra2 bngung mw milih kurawa apa pandawa tp dia aslix baik.q pling sbel waktu karna dihina ma drupadi rasax pingin marah tau hahhhaha

    ReplyDelete
  11. Sip....aq jg suka..
    Bngt...suryaputra....pi yg gk suka cuma bima ma krisna

    ReplyDelete
  12. hahaha samaa... saya juga gak suka krishna. ibaratnya, dia tuh shakuni-nya pandawa. :P

    ReplyDelete
  13. yaampunnn terimakasihg ya ats postingannya..
    oia mba kan ngefans banget ya sama sosok karna itu, boleh minta biodatanya dongggg ;)
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  14. hehehe maksudnya biodata karna atau pemerannya, nih? mungkin pemerannya kali, ya? saya sih cuma tau namanya aham sharma dan tanggal lahirnya 22 juli 1989, selebihnya saya gak tahu. :D

    ReplyDelete
  15. sama, keluargaku seneng tuh liat mahabaratha..khususnya ibu dan kakakku.. sampek2.. gk bisa diganggu dah kalau sudah liat nih film..haha
    internet super unlimited

    ReplyDelete
  16. hehehe sepertinya demam mahabharata memang sedang melanda indonesia. saya sekarang malah sudah bolong-bolong ngikutinnya. :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata aq mnemukn temen2 pecinta radeya or karna. Aq jg karna looppeeer bgeet. Kisah hidupnya y dramats.aq sll berempati saat dia sllu dihina. Sampe sampe nangis sendiri. Lope yu karna

    ReplyDelete
  18. hihihi sama banget, mbak... saya kadang juga nangis sendiri waktu baca kisah-kisah dia. :'(

    ReplyDelete
  19. Bwt shal.....lam knl..
    Sob....pda...nangis smw kan..udah tw lo bismantaka...adalah kakak pandawa....bwt..drupadi dh kena karma...setelah...menghina bismantAka...

    ReplyDelete
  20. Akhirnya aku menemukan kumpulan penggemar Karna dan pembenci pandawa..hahahaha...jujur saja waktu Karna nyerahin Kundala dan Kuvachanya, aku nggak lihat, pengen lihat, sih. Tapi waktu lihat episode dia mati. Airmataku bercucuran tiada henti.
    Aku paling benci sama Krishna, melebihin benci sama Shakuni. Sebagai Dewa harusnya Krishna nggak memihak. Dan Dewa Indra bikin aku tambah kesal, kasihan si Karna, nggak bisa bayangin rasa sakitnya sebuah perisai dilepas dari kulit.
    Dan foto yang terakhir itu, bukannya bikin gumoh, tapi langsung K.O! Hehehehe...

    ReplyDelete
  21. @ahmad budiono: iya, setelah pandawa tau kalo karna adalah kakak mereka, mereka langsung menyesal dan merasa marah pada kunti karena menyembunikan rahasia tersebut begitu lama. :(

    ReplyDelete
  22. @sorena: coba nonton di youtube aja waktu karna melepas kavacha dan kundala-nya. ngenes sampe berdarah-darah gitu, sayangnya sama antv disensor, jadi gak seru. :P

    akhir hayatnya agak beda dengan di buku, kalo di buku, pandawa tahu karna kakak mereka setelah mati, tapi kalo di serial yang sekarang, mereka tahu sebelum karna mati, jadi masih ada kesempatan meminta maaf.

    hahaha sama banget... aku juga benci sama krishna. dia tuh provokator kelas wahid. ~__~

    ReplyDelete
  23. @sorena...lo mw...liat...aku...kiri video...matinya...raja angga

    ReplyDelete

Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.