Di era serba digital ini, apa pun bisa dilakukan hanya dari gawai yang dimiliki, termasuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan dollar. Salah satu cara mendapatkan cuan dari dunia digital adalah menjadi content creator. Siapa saja bisa melakukan, mau sekadar iseng untuk hobi atau menekuninya sebagai sumber penghasilan.

Menggeluti dunia tersebut juga ada suka-dukanya. Namun, dijamin sukanya lebih banyak. Karena, seorang content creator biasanya akan membuat karya sesuai dengan hal yang paling dekat dengannya ataupun sesuatu yang disukai.

Konten yang dapat diproduksi pun ada berbagai bentuk. Bisa berupa artikel, foto, video, maupun video pendek. Namun, yang sedang banyak digemari saat ini ialah dalam bentuk video pendek. Berbagai platform untuk mengunggahnya juga bermacam. Ada YouTube Shorts, TikTok, Reels, dan sebagainya.

Kalau kamu content creator pemula, jangankan memikirkan bagaimana bisa mendapatkan cuan dari konten yang dibuat, untuk menjadi konsisten saja butuh perjuangan, dan terkadang suka bingung, tema apa yang sekiranya bisa dikontenin untuk menarik perhatian para penonton. 

Nah, dari keresahan serta kebingungan menentukan tema untuk dikontenin, aku mau membagikan beberapa ide atau tema konten video sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa pun, khususnya para content creator pemula.


1. Kuliner atau Makanan

Tema ini memang sudah terlalu banyak yang menggunakannya, tetapi yakinlah bahwa setiap video pasti mempunyai keunikan tersendiri dan hampir selalu memiliki banyak peminat.

Tinggal kreativitas masing-masing bagaimana cara menghasilkan konten yang menarik dan menyenangkan bagi para penonton.


2. Traveling atau Jalan-Jalan

Sama seperti kuliner, tema ini sebenarnya juga sudah sangat familiar. Tetapi, tak masalah. Toh, untuk membuat konten dengan ide ini biasanya justru digemari saat mengeksplor tempat-tempat yang dekat dengan kita.

Iya, tak melulu harus piknik ke luar kota atau luar negeri. Dengan jalan-jalan di kota sendiri, atau bahkan di sekitar rumah pun ada hal-hal yang bisa dijadikan konten.


3. Story Telling

Jenis konten ini dapat dipecah lagi menjadi bermacam tema untuk diceritakan. Kisah horor, kriminal, serta pengalaman lucu menjadi tiga tema yang sering diminati.

Kreator yang memilih membuat konten ini sudah pasti orangnya suka bercerita dan memiliki cara penyampaian yang menyenangkan, sehingga penonton pun betah menyimak.


4. Tutorial dan DIY Ideas

Percayalah, tema ini merupakan salah satu yang everlasting. Videonya bisa ditonton kapan pun. Mulai dari tutorial sederhana hingga yang rumit, ada saja orang yang mencarinya.

Kamu bisa membuat konten dengan tema ini dari hal-hal yang disukai. Misalnya saja tutorial tentang berkebun, perawatan kendaraan, memanfaatkan barang bekas agar kian panjang usia kegunaannya, atau apa pun.


5. Edukasi

Kini, banyak profesional atau ahli yang juga menjadi content creator. Sebut saja dokter, arsitek, teknisi, chef, fotografer dan sebagainya.

Mereka dengan senang hati memberikan "pencerahan" lewat ilmu yang dikuasai, dan kemudian ilmu tersebut menjadi bermanfaat ketika diaplikasikan di kehidupan orang lain. Begitu pula kamu, kalau memiliki keahlian dalam bidang tertentu, bisa banget ilmunya dikontenin.


6. Parodi dan Komedi

Tak jarang orang-orang memilih melepas penat dengan mencari konten receh atau lucu di media sosial. Itu kemudian dimanfaatkan oleh para kreator dengan membuat karya yang mampu menghibur.

Makin unik serta kreatif idenya, kian mendatangkan banyak penonton. Syarat wajib bergelut dengan konten jenis ini adalah memiliki kepercayaan diri di luar nalar.


7. A Day in My Life

Merasa luwes di depan kamera dan gemar membagikan aktivitas di platform online? Konten jenis ini cocok untuk kamu kreasikan. Meski butuh effort lebih, hasilnya akan memuaskan.

Bukan berarti yang tak pede di depan kamera tak bisa membuat konten dengan ide ini. Bisa banget, dong. Untuk membuat konten, segala sesuatunya bisa disiasati.

Proses pembuatan konten "a day in my life" biasanya sangat seru, apalagi kalau benar-benar niat membuatnya, bahkan bisa menghasilkan konten lain berupa "behind the scene" yang juga banyak peminatnya di jagat maya.

Baca juga: Menjadi FYP di TikTok dengan 3 Ide Konten Kuliner yang Sederhana

Itulah beberapa contoh dari sekian banyak ide yang bisa dijadikan konten untuk media sosial. Sebagai content creator, tentunya sangat senang saat sudah memiliki berbagai ide atau tema untuk dieksekusi, tinggal mengumpulkan footage dan mengasah kepekaan saja dalam mengambil momen.

Kalau pun dari konten-konten yang dihasilkan belum mampu menghasilkan cuan, tak masalah. Nikmati saja sebagai hobi, sembari terus belajar. Niatkan juga, berkonten untuk menebar kegembiraan bagi para penonton, lewat hiburan atau informasi yang dibagikan dalam video. 😉

***


Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.