Agak tak percaya ketika beberapa hari terakhir ini jumlah klik di blog ini lumayan banyak. Maklum blog baru, jadi agak heran saat banyak pengunjung. Usut punya usut, ternyata hal ini gara-gara Kim Kurniawan.

Loh, memang ada apa dengan Kim Kurniawan? Bukankah yang sekarang sedang mejadi bahan pembicaraan adalah Irfan Bachdim yang namanya sedang melambung karena debutnya di timnas Indonesia begitu berkilau itu? Aku pun tak tahu mengapa banyak sekali orang yang merujuk ke blog ini dengan mesin pencarian google menggunakan kata kunci kim kurniawan. Aku pernah menulis tentang Kim di sini.

kim dan irfan berlatih bersama (ongisnade.net)

Mungkin hal ini masih ada hubungannya dengan Irfan Bachdim. Seperti yang telah diketahui banyak orang, Irfan dan Kim ini bersahabat, mereka juga berlatih bersama dengan klub Persema Malang. Bahkan mereka calon saudara ipar, karena Jennifer Kurniwan yang notabene adalah kakak dari Kim Kurniawan merupakan pacar Irfan Bachdim.

Berbicara tentang Irfan dan Kim, aku mengenal nama mereka dari pertandingan amal bertajuk bintang tim nasional antara Tim Garuda Merah dan Garuda Putih yang digelar akhir musim 2009/2010, kalau tak salah bulan Agustus lalu. Ketika itu mereka masih dalam proses naturalisasi, aku menuliskannya juga di sini.

irfan setelah mencetak gol (detik.com)

Kini Irfan sudah resmi memiliki paspor Indonesia, jadi dia berhak ikut membela timnas Indonesia. Sedangkan Kim, entah mengapa sepertinya proses naturalisasinya dibuat lebih sulit daripada Irfan. Padahal kalau kulihat ketika mereka diundang menjadi bintang tamu di acara Rossy dan juga dari akun Twitter mereka, Kim Kurniawan lebih fasih berbahasa Indonesia dibanding Irfan Bachdim.

Kedua pemain ini mengajukan naturalisasi karena memang memiliki darah Indonesia, namun tak memiliki paspor Inconesia karena selama ini masing-masing tinggal di Jerman dan Belanda. Berbeda dengan Cristian Gonzalez, pemain asal Uruguay yang mengajukan naturalisasi karena dia sudah lama tinggal di Indonesia dan malang-melintang di dunia persepakbolaan Indonesia, sehingga dia menganggap Indonesia sudah seperti negaranya sendiri, selain itu di timnas Uruguay dia juga tidak terpakai.

cristian memamerkan paspor indonesia-nya (radarsukabumi.com)

Beruntung akhirnya pengajuan naturalisasi pemain yang berjuluk El Loco disetujui. Asal tahu saja, dia mengajukan naturalisasi sejak tahun 2006 lalu dan baru disetujui November 2010. Beruntung juga bagi Indonesia, karena sejak ada dua pemain naturalisasi, Irfan dan Cristian, performa timnas jadi lebih baik, seolah mereka memiliki semangat yang berlipat ganda. Seperti yang ditunjukkkan di ajang Piala AFF, saat melumat Malaysia dengan skor 5-1 dan Laos dengan skor 6-0 tadi malam.

skuad timnas saat ini (okezone.com)

Yang diharapkan, tentu saja performa yang ditunjukkan skuad timnas saat ini akan berlangsung seterusnya. Kompak dan tetap semangat. Jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai. Semoga di waktu dekat ini bisa menggondol Piala AFF, selanjutnya bisa 'berbicara' lebih banyak di ajang Piala Asia yang akan digelar tahun depan di Qatar, syukur-syukur bisa lolos kualifikasi Piala Dunia 2014 di Brasil. Kalau perlu tambah lagi pemain naturalisasi yang memang benar-benar meiliki skill yang mumpuni, karena setahuku masih ada beberapa pemain yang sedang dalam proses naturalisasi.

2 comments:

  1. Salam kenal buat mbak ''admin''
    selamat pengunjungnya sudah meningkat
    dan yang terakhir, I Love Timnas PSSI.
    kwkwkkwkkkw
    :D

    ReplyDelete
  2. mantaap infromasinya... yuk bro kalau butuh armada untuk keliling kota jogja langsung menghubungi kami di 087839162479 (Darma jaya Tour & Travel)

    atau bisa juga mengunjungi situs kami di paket wisata jogja murah
    trimakasih

    ReplyDelete

Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.