December 6, 2010


Euro 2012 atau Piala Eropa 2012 memang masih lama, namun di Benua Biru sana gaungnya sudah mulai terasa. 54 negara yang berada di bawah naungan UEFA sudah mulai melakukan kualifikasi untuk memperebutkan 16 tiket yang ada. Ukraina dan Polandia yang ditunjuk untuk menggelar hajatan akbar ini pun sudah mulai sibuk. Setelah bulan Agustus diadakan peluncuran logo Euro 2012. Bulan November lalu giliran maskot Euro 2012 yang mulai diperkenalkan di Warsawa, Polandia.

logo euro 2012 yang berupa bunga tulip dengan warna bendera kedua negara tuan rumah (videosdefutbol.comyr.com)
Maskot yang berupa bocah kembar ini masing-masing mewakili negara tuan rumah dan mengenakan seragam timnas Ukraina (kuning-biru) dan Polandia (putih-merah). Maskot ini diciptakan oleh perusahaan raksasa Warner BROS. Selanjutnya kedua maskot ini akan melakukan road show ke 8 kota di negara Polandia dan Ukraina, mulai dari kota Pozna, Lviv, Donetsk, Wroclaw, Kharkiv, Kyiv, Gdansk, dan berakhir di Warsawa.

Yang unik dari maskot Euro 2012 ini adalah bagaimana cara pemberian nama pada mereka. Dari pihak UEFA menginginkan masyarakat lah yang menentukan nama mereka. UEFA menyediakan tiga pasang nama, yaitu Slavek & Slavko, Siemko & Strimko, serta Klemek & Ladko. Dari ketiga pasang nama, kita bebas menentukan pilihan, nama mana yang sekiranya cocok untuk kedua maskot tersebut. Voting ini tak hanya berlaku untuk warga Eropa saja, tapi berlaku untuk seluruh warga di dunia, yang memiliki akun di UEFA.com.
maskot euro 2012, bocah kembar dari polandia dan ukraina (blogs.loughboroughecho.net)
Voting berjalan mulai tanggal 16 November sampai dengan 3 Desember 2010 waktu setempat. Dan pengumuman nama mana yang paling banyak dipilih dilakukan tanggal 4 Desember waktu setempat. Setelah dua minggu voting dilakukan, akhirnya waktu yang ditunggu pun tiba juga. Ribuan orang memilih via UEFA.com dan langsung memilih ketika maskot tersebut melakukan road show atau memilih via gerai McDonald’s di kota-kota yang disinggahi.
slavek dan slavko setelah pengumuman voting (uefa.com)
Kemarin di kota Kiev, Ukraina diumumkan nama yang akan digunakan oleh dua maskot EURO2012. Dari 39.233 suara yang masuk, Slavek & Slavko mendapat 56% suara (saya juga memilih itu), sedangkan Siemko & Strimko 29%, dan Klemek & Ladko 15%. Bisa dipastikan Slavek & Slavko lah yang akan mengambil alih jubah yang sebelumnya dipakai oleh Trix & Flix, maskot kembar EURO 2008 dari Austria dan Swiss. Kemudian mereka akan mempromosikan Polandia dan Ukraina sebagai tuan rumah EURO 2012. Namun tetap saja, bagi pecinta sepak bola di Indonesia gelaran Euro 2012 masih lama, karena itu sekarang kita saksikan Piala AFF yang digelar di Indonesia tercinta ini saja, hehehe…

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates