March 1, 2017


Masih dalam masa menghilangkan rasa sebal. Akhirnya baca buku anak-anak. Kebetulan ada bukunya Beatrix Potter yang melegenda itu. Dan, pilihan jatuh pada kisah The Tale of Tom Kitten. Meski sebelumnya pernah baca, kisah-kisah Oma Beatrix selalu bisa menghibur. Pantas saja, di luaran sana emak-emak masih banyak yang memburunya demi bisa memberikan nutrisi otak bagi buah hatinya. Sementara itu, buku-buku Oma Beatrix sudah langka di pasaran, terutama yang versi terjemahan.


Kembali ke Tom Kitten, ini kucing dan saudari-saudarinya lucu banget, deh. Tanpa bermaksud spoiler, boleh, dong, kalau aku membagi sedikit ceritanya di sini. Biar yang belum mengenal Oma Beatrix, penasaran dengan kisah-kisah lainnya. Hihihi.

The Tale of Tom Kitten merupakan buku Beatrix Potter kedua yang kubaca setelah The Tale of Benjamin Bunny. Menurutku, ceritanya lebih seru! Menceritakan kenakalan Thomas―biasa dipanggil Tom―si kucing bersama dua saudarinya, Mittens dan Moppet.

Suatu hari, ibu mereka, Bu Tabitha Twitchit akan kedatangan tamu-tamu terhormat. Maka, ibu kucing tersebut mendandani anak-anaknya dengan pakaian bagus. Tom yang semakin gemuk tak muat lagi pakaiannya sampai kancing-kancingnya terlepas, sehingga ibunya harus menjahitnya kembali.

Setelah ketiga anak kucing rapi, mereka diminta bermain ke kebun agar tak mengganggu ibunya yang sedang mempersiapkan jamuan. Namun, apa yang terjadi? Karena polah mereka yang pecicilan, tubuh Tom dan dua saudarinya jadi kotor, pakaian mereka pun terlepas.

Bu Tabitha melepas anak-anak ke kebun (sumber gambar)

Oh iya, ketika di kebun, tanpa sengaja mereka berjumpa keluarga Jemima Itik―tokoh dalam The Tale of Jemima Puddle-Duck. Pertemuan itulah yang membuat ceritanya jadi semakin seru.

bertemu rombongan Jemima (sumber gambar)

Tak lama berselang, Bu Tabitha menemukan anak-anaknya yang sudah tak berpakaian dan dekil. Ia kaget, kemudian memarahi mereka. Akhirnya, Bu Tabitha harus mengurung ketiga anaknya di kamar saat tamu-tamu terhormatnya datang, dan terpakasa berbohong anak-anaknya sedang terkena cacar air. Ya, Bu Tabitha merasa malu pada polah ketiga anaknya.

Tom diseret pulang ibunya (sumber gambar)

Ceritanya memang anak-anak banget. Sederhana tapi seru. Membaca buku anak-anak adalah sebuah hiburan tersendiri, apalagi yang banyak ilustrasinya. Membuat mood lebih membaik, dan mulai semangat bekerja lagi. Terima kasih, Tom...
***

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates