Masih ingat drakor Descendants of the Sun (DOTS) yang sangat viral pada 2016 lalu? Seperti K-Drama lainnya yang hampir selalu menyuguhkan adegan makan atau sekadar minum soju di sebuah restoran maupun kedai, dalam DOTS pun ada.

Adegan di Seorae dalam drakor DOTS (dok. SBS)
Pada episode 13, dalam adegan antara Kapten Yoo Shi-jin dan Sersan Seo Dae-young yang menghabiskan masa cutinya selama tiga hari dengan menikmati soju hingga mabuk di sebuah restoran, banyak penonton yang salah fokus dengan nama restorannya, yaitu Seorae. Apa yang membuat perhatian mereka teralihkan? Rupanya, restoran tersebut juga ada di Indonesia, bahkan sejak tahun 2013, jauh sebelum DOTS tayang.


Seorae, Dari Korea hingga Jogja

Seorae pertama kali muncul tahun 2007, dan lima tahun kemudian sudah berhasil memiliki 230 cabang di seluruh Korea Selatan. Pada 2013, Seorae memperluas jaringan cabangnya hingga luar negaranya, yaitu di Jakarta, Indonesia. Selanjutnya, semakin berkembang hingga ke Cina, Hongkong, Singapura, Filipina, Jepang, dan sebagainya.

Bersamaan dengan mulai tayangnya DOTS, Jogja menjadi salah satu kota dibukanya Seorae di Indonesia, tepatnya di Plaza Ambarrukmo. Banyaknya peminat untuk menikmati berbagai hidangan khas Korea, terutama barbeque-nya dengan sistem self service ala Korea, kemudian Seorae pindah ke lokasi yang lebih luas. Hari ini (14/12) resmi dilakukan grand re-opening yang bertempat di kawasan Demangan Baru, Jogja.


Grand Re-opening Seorae Jogja, Tempat Lebih Luas dan Berkonsep AYCE

Di lokasi yang baru, Seorae memiliki tempat yang lebih luas. Konsepnya pun berubah menjadi all you can eat, memiliki menu utama korean grill dan hotpot soup dengan sistem self service (regular) dan sistem pemesanan kemudian diambilkan (premium). Keduanya sama-sama bebas makan serta nge-grill ala Korea sepuasnya, hanya sistem pelayanannya yang berbeda, dan yang premium ada tambahan menu jenis daging.

Grand re-opening dengan konsep baru

Banyaknya restoran Korea yang tersebar di seantero Jogja, seringkali membuat bingung memutuskan akan makan di mana. Namun, saat sudah mengenal Seorae pasti akan langsung memutuskan makan di sana. Seorae merupakan satu-satunya restoran korean grill di Jogja dengan brand yang memang asli dari Korea. Itu berarti, juga menjadi yang pertama kali di Jogja sebagai restoran yang menyediakan korean grill serta korean hotpot soup bercitarasa autentik Korea.


Ada Apa Saja di Seorae Jogja?

Menyenangkannya lagi, kamu bisa nge-grill dengan pilihan lebih dari 30 varian daging. Tak hanya berbagai jenis daging sapi, tetapi juga tersedia daging ayam, domba, seafood, dan satu lagi yang bikin kaget banget! Ada pilihan jeroan seperti usus/iso, babat, dan paru. Di mana lagi coba, bisa nge-grill jeroan dengan teknik ala Korea?

Buffet all you can eat

Oiyange-grill di Seorae ini pakainya arang, lho, bikin aromanya lebih wangi daripada menggunakan alat pemanggang yang sumber apinya dari kompor.

Banyak banget varian dagingnya

Menu hotpot soup tak kalah menarik di sini. Varian isiannya lengkap, yaitu bermacam bentuk fishball dan sayuran yang bikin bingung untuk memilih saking banyaknya. Pada proses memasak soup, panci yang digunakan pun sangat khas Korea.

Hayoo... siapa yang punya panci emas begini?

Menikmati korean grill kurang lengkap tanpa memesan minuman pendampingnya. Bagi yang tak masalah meminum soju, bisa banget minum-minum ala adegan dalam drama.

Yummy!

Minuman spesial lainnya yang bisa dipesan adalah subak mocktail, bahasa gampangnya adalah mocktail semangka. Orang Korea sangat menyukai buah semangka, terutama pada musim panas, karena buah ini super segar dengan banyaknya kandungan air, sehingga bisa menghilangkan dahaga.

Sebelum kalap ambil semuanya (dok. Ika)

Tak ketinggalan juga, kamu bisa mencicipi patbingsoo atau seringkali disebut bingsoo saja, pencuci mulut yang sangat populer di Korea, berupa es krim atau es serut dengan aneka topping yang lagi-lagi sangat digemari saat musim panas tiba.

Kesampaian juga makan bungeoppang

Itu saja menunya-menunya? Tentu saja tidak. Masih ada banchan atau makanan pendamping seperti kimchi, japchae, goguma mattang, dan lain-lain. Banchan biasa dimakan berbarengan dengan nasi dan daging yang telah di-grill, kemudian dibungkus menggunakan daun selada atau perilla. Perpaduan makanan tersebut dikenal dengan nama ssambab.

Tersedia juga rangkaian ramyeon, tteokpokki, kimbap, bermacam minuman panas dan dingin, puding, es krim, aneka streetfood khas Korea seperti mandu, hotteok, bungeoppang, dan masih banyak lagi.

Total menu yang tersedia, ada lebih dari 70 menu pilihan yang bisa bikin kamu kalap! Boleh saja kalap, tetapi harus tanggung jawab untuk menghabiskan kalau tak ingin terkena penalti.


Harga Terjangkau dan Fasilitas yang Menarik

Untuk menikmati banyaknya menu istimewa di atas, kamu bisa menebusnya dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari 158 ribu saja per pax, durasinya 90 menit. Dalam rangka grand re-opening, ada promo "buy 3 get 4", berlaku hingga 20 Desember 2022. 

Khusus untuk anak dengan tinggi 100-130 cm cukup membayar 75 ribu, dan anak dengan tinggi di bawah 100 cm tidak dikenakan biaya alias gratis. Sedangkan untuk lansia berusia di atas 65 tahun, ada potongan harga spesial sebesar 30%.

Suasana di area semi-outdoor

Hari gini, makan-makan tanpa narsis untuk dipamerkan di media sosial serasa ada yang kurang. Seorae tahu betul kebiasaan netijen Indonesia ini, dengan menyediakan tempat instagramable yang seolah benar-benar sedang makan di Korea.

Alat pemanggang beserta cerobong khas Korea di mana-mana

Kamu bisa memilih area indoor, semi-outdoor, atau outdoor untuk tempat makannya, semuanya berada di lantai atas. Tips dariku, kalau cuaca sedang cerah sebaiknya pilih area outdoor untuk menghindari asap hasil pemanggangan yang tidak sepenuhnya terisap cerobong dan aromanya setia menempel di baju. Selain itu, di outdoor juga lebih nyaman dan lega, serta bebas merokok.

Area indoor

Ada spot yang menarik perhatianku, ialah deretan neon box warna-warni beraksara hangeul yang terpampang pada dinding di sebelah tangga menuju lantai atas. Hal tersebut mengingatkanku akan Distrik Gangnam atau Distrik Belanja Myeongdong yang kalau malam riuh dengan warna-warni neon box dari toko-toko yang ada di sana.

Warna-warni neon box

Fasilitas lain yang tersedia yaitu adanya playground untuk bermain bocah agar tak bosan. Berbeda dengan playground di restoran lain yang hanya menyediakan tempat untuk bermain, di Seorae ini unik, karena tersedia alat-alat untuk menggambar serta mewarnai juga.

Playground yang tak begitu luas tapi terlihat menyenangkan

Boleh ambil, gratis!

Di dekat playground, tepat di balik pintu masuk merupakan ruang tunggu yang menyenangkan, dalam dua rak tersedia berbagai macam snack yang boleh kamu ambil.

Makan ala Korea di Soerae ini dijamin seru banget dan tak akan membuatmu menyesal, malah mungkin bakal ketagihan. Makin seru lagi kalau beramai-ramai bareng teman atau keluarga. Persis banget adegan makan besar di dalam drama. Asal jangan sampai berebutan makanan, seperti kebiasaan Chae Song-hwa dan Kim Jun-hwan di drama Hospital Playlist.

Ramai-ramai lebih seru (dok. Aris)

Yakin, nggak pengen kobam, ehh... makan ala Song Jong-ki Oppa? 🤭


***


Jl. Demangan Baru No. 20

Demangan Baru, Caturtunggal

Depok, Kab. Sleman 55281


Instagram: @seoraejogja

Shalluvia. 2022 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.