(sumber gambar: freepik)

Siapa di sini yang suka sebal karena punya pori-pori wajah segede gaban? Kalau sudah berurusan dengan pori-pori besar, tak hanya kaum hawa yang merasa sebal, kaum adam pun kini banyak yang peduli dengan permasalahan ini. Selain memengaruhi penampilan, punya pori-pori wajah besar juga butuh effort lebih dalam perawatannya. Sebisa mungkin pori-pori harus terbuka saat membersihkannya, agar kotoran bisa terangkat maksimal.

Pori-pori merupakan bagian penting dari kulit yang memainkan peran dalam mengatur suhu tubuh dan melepaskan minyak alami. Ada banyak mitos seputar kemampuan air hangat dalam membuka pori-pori. Namun, apakah benar air hangat bisa membuka pori-pori? Mari, kita telusuri lebih dalam.


Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar

Memiliki pori-pori besar memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Wajah terlihat seperti memiliki banyak lubang, sehingga membuatmu lebih memilih menggunakan riasan tebal untuk menyembunyikannya. Namun, masalah tak berhenti di situ saja. Proses membersihkan make-up yang tebal juga kian sulit, harus dilakukan dengan sangat teliti agar tak ada sisa yang tertinggal di wajah.

Studi yang dilakukan oleh L'Oreal Paris menunjukkan bahwa sekitar 45% wanita di seluruh dunia mengalami masalah dengan pori-pori wajah, dengan banyak yang mengeluhkan ukuran pori-pori besar mirip dengan tekstur kulit jeruk. Sayangnya, penggunaan krim wajah atau lotion tidak efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kebiasaan sehari-hari juga dapat memperburuk masalah pori-pori yang membesar, di antaranya akan kujelaskan di bawah.

(sumber gambar: airhangatindonesia.com)

1. Tidak Menggunakan Masker Wajah Saat Berkendara

Bagi kamu pengguna motor, paparan polusi dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit wajah, terutama jika tidak menggunakan penutup wajah. Debu dan polusi dapat masuk ke dalam pori-pori wajah, menyebabkannya makin membesar. Selain itu, menggaruk wajah karena gatal juga dapat memperbesar pori-pori karena gesekan antara tangan dan kulit. Hal ini dapat meningkatkan peradangan di kulit wajah.

Untuk melindungi kulit wajah dan mencegah masuknya kotoran ke dalam pori-pori, sangat disarankan menggunakan masker wajah ketika mengendarai motor.


2. Konsumsi Gorengan Berlebih

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng juga dapat memperbesar pori-pori wajah. Minyak yang tidak sehat dalam proses penggorengan berulang serta tingginya kalori dan lemak dalam gorengan dapat memicu masalah pada pori-pori wajah.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut, kurangilah konsumsinya. Sebagai alternatif, pilih camilan yang sehat untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah, seperti apel hijau atau jeruk. Buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.


3. Tidak Membersihkan Make-Up

Sering skip membersihkan riasan sebelum tidur? Itulah yang kemudian dapat menyebabkan kulit wajah kamu jadi terlihat lebih kusam dan meningkatkan penumpukan kotoran. Penimbunan kotoran ini dapat memperbesar pori-pori wajah, karena kotoran yang terjebak di dalam menyebabkan pori-pori melebar. 


4. Malas Mencuci Wajah

Kebiasaan langsung tidur dan tidak membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah dapat menyebabkan pori-pori membesar. Kotoran, debu, dan polusi yang menempel pada kulit wajah juga dapat menyebabkan peradangan.

Maka dari itu, penting untuk selalu membersihkan wajah, terutama setelah beraktivitas di luar, agar melindungi kulit dari peradangan dan mencegah pori-pori membesar.


Apakah Air Hangat Bisa Membuka Pori-Pori?

Benarkah air hangat dapat membuka pori-pori wajah? Yha! Air hangat bisa membuka pori-pori wajah, dalam jangka waktu singkat saja. Penggunaan air hangat jika terlalu sering digunakan juga akan kurang baik untuk kesehatan kulit. Jadi, penggunaan air hangat ini perlu dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan.

(sumber gambar: airhangatindonesia.com)

Pori-pori merupakan saluran kecil di permukaan kulit yang dapat memungkinkan minyak dan keringat keluar dari tubuh. Pori-pori ini dapat terbuka dan tertutup secara alami. Faktor-faktor seperti kelembapan udara, suhu lingkungan, dan hormon juga dapat memengaruhi kondisi pori-pori.

Beruntungnya, air hangat Indonesia dapat membantu kamu untuk membuka pori-pori pada kulit. Air hangat dapat merelaksasi otot-otot di sekitar pori-pori dan mengurangi tekanan yang dapat membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Karena hanya bersifat sementara, segera bersihkan kotoran yang tersumbat sebelum pori-pori kembali menutup.

Agar memudahkan proses pembersihan, gunakan water heater sebagai penyedia air hangat. Water heater mampu menghasilkan air hangat dengan suhu yang diinginkan tanpa harus menunggu lama.


Cara Menggunakan Air Hangat Agar Pori-Pori Terbuka serta Cara Membersihkannya

Mengompres wajah dengan air hangat sebenarnya bisa membantu membersihkan pori-pori. Panasnya air dapat membuat kulit jadi lebih rileks dan dapat membuka pori-pori. Hingga akhirnya, hal ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo atau jerawat.

Pori-pori terhubung pada kelenjar sebaceous yang berada di bawah folikel rambut. Kelenjar ini dapat menghasilkan sebum, minyak alami seperti lilin yang dapat membantu melembapkan wajah. Tingkat kelenjar sebaceous pada tiap orang berbeda, tergantung pada jenis kulitnya. Bisa jadi, kamu memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif atau justru kurang aktif yang mengarah ke kulit berminyak ataupun kering.

Untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori menggunakan air hangat, langkah pertama ialah cuci wajah dengan pembersih wajah yang lembut. Pilihlah produk perawatan kulit sesuai jenis kulit wajah dan yang berbasis minyak dan bebas air untuk hasil yang terbaik. Jika kamu memiliki jenis kulit berjerawat, gunakan krim jerawat yang mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida atau asam salisilat.

(sumber gambar: airhangatindonesia.com)

Selanjutnya, letakkan wajah di atas panci berisi air panas, biarkan uap menghangat dan membasahi wajah. Kamu bisa meletakkan handuk di atas kepala untuk "menjebak" uap agar membersihkan wajah secara maksimal. Lakukan hal ini selama sepuluh menit.

Pori-pori bisa terlihat lebih besar seiring dengan bertambahnya usia, tetapi sebenarnya tidak ada yang disebut "terbuka" atau "tertutup" secara teknis. Pori-pori yang telah membesar tidak dapat ditutup kembali. Meskipun pori-pori yang tersumbat bisa terlihat seperti tertutup, ini tidak berkaitan dengan ukuran asli pori-pori.

Selain itu, membersihkan kotoran dalam pori-pori wajah bisa membuatnya merenggang. Untuk menutup pori-pori yang telah dibersihkan, gunakanlah air dingin dengan membasuhkan ke wajah setelah dibersihkan.


Tips Pori-Pori Menjadi Sehat dan Bebas Jerawat

Ada strategi lain yang dapat membantumu dalam menyehatkan serta memberikan tampilan pori-pori wajah yang bersih serta mengendalikan jerawat. Tiga di antaranya bisa langsung cek di bawah, ya.


1. Gunakan Pembersih Ringan

Langkah pertama yaitu menerapkan perawatan jerawat untuk membersihkan kulit. Pilihlah pembersih yang bebas pewangi dan dapat membersihkan kulit dengan lembut tanpa membuat kulit ketarik dan kering.

Pastikan berhati-hati dalam memilih produk perawatan jerawat. Sebaiknya, konsultasi dengan dokter atau dermatologis yang berpengalaman untuk mendapatkan saran mengenai pengobatan jerawat yang tepat dan mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.


2. Dingin lalu Panas

Maksud dari langkah ini ialah kompres dingin dapat membantu untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan pada jerawat. Lakukan dengan cara membungkus es batu menggunakan handuk kertas, kemudian oleskan ke area yang berjerawat selama lima sampai sepuluh menit. Ulangi proses tersebut sebanyak dua kali, ambil jeda sepuluh menit di antara pengaplikasiannya.

Setelah whiteheads mulai muncul, segerakan memakai kompres hangat yang dapat membantu mengeluarkan nanah yang terkumpul di bawah kulit. Caranya, dengan merendam kain bersih dalam air panas, lalu tempelkan kain hangat tersebut ke area yang dibersihkan selama 10-15 menit. Lakukan langkah ini tiga hingga empat kali sehari sampai jerawat mulai sembuh.

(sumber gambar: airhangatindonesia.com)

3. Tahan untuk Tidak Memencet Jerawat

Tahanlah diri untuk mengorek atau memencet jerawat, karena tindakan tersebut dapat membuat jerawat lebih terlihat, meningkatkan risiko infeksi, serta pembentukan jaringan parut dan menyebabkan pori-pori kamu membesar, yang kemudian bisa mengakibatkan bopeng.


Kesimpulan

Air hangat memang bisa membuka pori-pori kulit wajah, tetapi efeknya bersifat sementara dan tidak signifikan dalam jangka panjang. Selain itu, penggunaan air hangat yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Namun, penggunaan kompres air hangat dapat membantu membersihkan pori-pori secara optimal. Perawatan lainnya seperti penggunaan pembersih ringan dan menghindari kebiasaan yang dapat memperbesar pori-pori juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Jangan lupa untuk menggunakan water heater sebagai penyedia air hangat secara cepat dan praktis. Atur termostatnya di suhu berapa pun yang kamu inginkan, dan nikmati mencuci muka dengan air hangat yang menyegarkan. Untuk mendapatkan produk terbaik, pilihlah water heater kesayanganmu hanya di PT. Air Hangat Indonesia.


***


Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.