March 7, 2011


Dalam berinteraksi dengan orang lain, terkadang kita melupakan tiga buah kata yang menurutku begitu ajaib atau sakti. Tiga kata tersebut adalah maaf, tolong dan terimakasih.

Kata maaf menurutku tak hanya diucapkan ketika kita merasa bersalah dan kemudian meminta maaf. Kata tersebut memiliki fungsi yang lebih. Seperti halnya kata sapaan, kata maaf bisa memperhalus kalimat atau lebih menghormati lawan bicara kita.

Tolong. Kata ini juga sangat penting, jika kita membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan sesuatu, ada baiknya kita mengawalinya dengan kata tolong. Karena kata tersebut lagi-lagi bisa memperhalus kalimat, selain itu juga menghilangkan kesan kita memerintah orang lain.

Yang terakhir adalah kata terimakasih. Tanpa mengesampingkan dua kata sebelumnya, terimakasih merupakan kata yang sangat penting dan juga kata yang paling sering dilupakan untuk diucapkan. Seharusnya bantuan sekecil apapun yang diterima, kita 'wajib' mengucapkan terimakasih. Bukankah kata terimakasih juga merupakan bentuk apresiasi kita terhadap orang lain?
tiga yang ajaib... (freefoto.com)
Sekilas hal tersebut terlihat sepele, namun jika tidak terbiasa, akan susah mengucapkannya. Ada baiknya kita mencoba dari sekarang,  membiasakan diri menggunakan tiga kata tersebut,. Untuk menghormati, menghargai  dan mengapresiasi orang lain. :)

4 comments:

  1. maaf mba sha, biso tolong buatkan saya teh?
    terima kasih tehnya. manis sekali :)

    ReplyDelete
  2. @izzah : hahahahaha....tamunya manis, tehnya harus manis juga donk :P

    ReplyDelete
  3. hohoho... yg ini lebih manis *hoeeeks* :p

    ReplyDelete
  4. @mbak lina : hmm....kalo gitu disuguh guka pasir aja ya? :p

    ReplyDelete

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates