April 11, 2011


Horeeee! Hari ini aku menemukan video-video jadul. Video apakah itu? Ialah cuplikan adegan dari film seri Mahabharata yang diproduksi hampir 20 tahun lalu. Dari mana lagi kalau bukan dari youtube, tanpa sengaja. Tapi tunggu, mengapa aku baru menemukannya hari ini ya? Koq  selama ini aku tak kepikiran untuk mencarinya di sana. Padahal setelah ditelusuri ternyata banyak juga.

Video yang tak sengaja kutemukan itu adalah  adegan ketika pertempuran dua pemanah handal yang tak lain dan tak bukan adalah dua putra Kunti, Arjuna melawan Adipati Karna (Radheya). Bagai telah menemukan harta karun ―dan sebenarnya memang harta karun (Karna-Arjun)― aku langsung ingin bersorak dan jingkrak-jingkrak, tapi mengingat posisiku sedang di kantor, aku urungkan niat itu (hahahah...). Alhasil aku hanya bisa senyum-senyum sendiri. 

Sambil menunggu video itu buffering, secara refleks ingatanku  melayang pada jaman SD dulu, ketika film seri Mahabharata diputar di stasiun televisi TPI yang sekarang sudah berganti nama menjadi MNC TV. Saat itu aku masih kelas 3 SD, setelah pulang sekolah, aku getol sekali nongkrongin TV untuk melihat Mahabharata. Dan dari situ aku tertarik pada kisah Mahabharata yang di tanah Jawa, ceritanya diadopsi menjadi cerita wayang.


Dulu aku tertarik pada tokoh bernama Arjuna dan Karna, entah apa alasannya aku juga lupa. Sepertinya karena pemeran dua karakter itu ganteng-ganteng (hahaha...). Selain itu aku juga mengagumi sosok Kakek Bhisma yang menurutku sangat keren sekali.

Namun semakin ke sini, aku semakin paham jalan cerita dalam mitologi Hindu yang begitu banyak pesan yang terkandung di dalamnya itu. Ahirnya aku  pun memiliki tokoh yang benar-benar aku kagumi. Bukan Arjuna yang menjadi pujaan banyak perempuan, melainkan Radheya Sang putra Batara Surya yang sebenarnya adalah saudara tua Pandawa. Aku tak peduli ia berada di pihak Kurawa, karena justru salah satu alasan aku menyukai Radheya adalah mengapa ia memilih Kurawa daripada Pandawa.

Jadi sangat kebetulan kalau aku menemukan video yang berisi adegan dalam perang Bharatayudha di hari ke-17, pertempuran antara Arjuna melawan Radheya. Ya, meskipun akhirnya aku tahu, Radheya lah yang gugur di medan Kurusetra, kepalanya terpenggal oleh panah Arjuna ketika ia sedang berusaha mengangkat roda keretanya yang terperosok ke dalam tanah.  Sedih seperti itulah takdirnya namun aku tetap mengagumi sosok Radheya, dengan segala sifat baik dan buruknya. Dia lah Sang Ksatria sejati. :')

Selain video di atas, masih banyak lagi video yang berisi tentang kisah Mahabharata, salah satunya adalah video di bawah ini, yaitu episode pertama dari film Mahabharata. Di episode tersebut dikisahkan awal mula terbentuknya dinasti Kuru, mulai dari pertemuan antara Raja Sentanu dan Dewi Gangga, cekidot yaaa.... :p


Kalau mau nonton lebih banyak lagi, cari saja di youtube. Ada banyak episode di sana, tak hanya puluhan tapi ratusan episode. Oke dehh! Selamat bernostalgia bagi yang menyukai film seri Mahabharata di era 1990-an ini. ;)

3 comments:

  1. wahhh beda banget ya ari latr dan kostumnya juga..
    kalo boleh tahu memang ulu diperankan oleh siapa saja mba?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  2. waduh... waktu itu saya masih SD, mbak, gak tau siapa-siapa saja nama pemerannya. cuma tau pemeran karna, namanya pankaj dheer. dia beberapa kali main film layar lebar, salah satunya berang SRK. trus, kalo mbak ngikutin mahadewa, dia juga main di sana, jadi ayahnya parwati. :)

    ReplyDelete
  3. beda banget ya mahabarata dulu dan sekarang..

    semoga bermanfaat http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates