June 16, 2014


Entah, siapa yang awalnya mengunggah foto di bawah ini ke twitter. Sejak dini hari hingga pagi ini (16/06), melalui berbagai akun fanbase bola, foto tersebut bersliweran di timeline. Kalau dilihat dari watermark-nya, kemungkinan diambil dari portal berita The Herald Sun. Tapi, mungkin juga dari Herald Sun Australia, mengingat pemain yang tertangkap kamera adalah penggawa Sooceroos yang juga pernah merumput di Serie-A bersama Parma dan Lazio, Mark Bresciano.

bresciano mengikatkan tali sepatu seorang anak penyandang cacat (diambil dari: @Footy_Jokes)

Dalam dunia sepak bola, pun cabang olahraga lainnya, sportifitas dan fair play memang patut dijunjung tinggi. Itu sebabnya dalam setiap pertandingan internasional, anak-anak selalu disertakan sebelum kick-off. Anak-anak yang pada dasarnya bersifat polos dan jujur, oleh FIFA digunakan sebagai simbol untuk mengampanyekan fair play, dengan tujuan sepak bola harus dijauhkan dari segala kecurangan dan tindakan tak sportif lainnya. Hal tersebut terlihat dari fair play flag yang dibawa oleh sekelompok anak yang digandeng masing-masing pemain saat memasuki lapangan hingga sebelum peluit dibunyikan. Kedua tim, termasuk para suporternya, harus memegang prinsip fair play dalam pertandingan. Mereka harus bermain adil dan mau menerima setiap hasil pertandingan, baik menang, seri, maupun kalah.

Pada foto di atas, tampak Bresciano membantu mengikatkan tali sepatu seorang anak dengan sepasang tongkat penyangga kaki yang digandengnya sebelum laga antara Chili melawan Australia di gelaran World Cup 2014. Pemain yang dipercaya membela Australia sejak 2001 tersebut bukan hanya menjunjung sportifitas ketika bermain, namun juga di luar permainan itu sendiri. Ia telah memberikan sebuah teladan bagi kita semua. Bahwa, dalam berbuat kebaikan atau membantu orang lain, kita musti melupakan siapa diri kita dan siapa yang akan kita tolong. Seperti apa yang pernah diucapkan oleh Gus Dur, "Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu."

Yuk, nonton bola lagi! :)

***

Rerintik Kisah . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates